Sabtu, 13 Juni 2015

Hadits tentang mencintai allah

1. Dari Anas ra., dari Nabi SAW beliau bersabda : “Siapa saja yang memiliki tiga sifat ini, akan merasakan manisnya iman, yaitu : (1) Mencintai Allah dan Rasul-Nya melebihi segalagalanya. (2) Mencintai seseorang hanya karena Allah. (3) Enggan untuk kembali kafir setelah diselamatkan Allah sebagaimana enggannya apabila dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Bukhari dan Muslim)
2. Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW beliu bersabda : “Ada tujuh kelompok yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu : (1) Pemimpin yang adil. (2) Pemuda yang senantiasa beribadah kepada Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung. (3) Seorang yang hatinya selalu digantungkan (dipertautkan) dengan masjid. (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah. (5) Seorang laki-laki ketika dirayu untuk berzina oleh wanita bangSAWan yang berwajah cantik rupawan, laliu ia berkata : “Sesungguhnya aku takut kepada Allah.” (6) Seseorang yang mengelurkan sedekah, secara sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikn oleh tangan kanannya. (7) Dan seseorang yang mengingat Allah di tempat sunyi dan kedua matanya bercucuran air mata.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah Ta’ala pada hari kiamat akan berfirman : “Manakah orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku menaungi mereka di bawah naungan-Ku, dan tidak ada nungan kecuali naungan-Ku.” (HR. Muslim)
4. Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Demi Zat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sebelum beriman. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu, jika kalian mengerjakannya, maka akan timbul rasa saling mencintai di antara kalian. Yaitu sebarkanlah salam” (HR Muslim)
5. Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW beliau bersabda : “Ada seseorang yang berkunjung ke tempat saudaranya karena Allah yang berada di desa lain, kemudian Allah mengutus malaikat untuk menghadang dan mengujinya, namun orang itu tetap pada pendiriannya, kemudian malaikat itu berkata : “Sesungguhnya Allah telah mencintaimu sebagaimana kamu mencintai saudaramu karena-Nya.” (HR. Muslim)
6. Dari Al-Barra’ bin ‘Azib ra., dari Nabi SAW beliau menceritakan tentang sahabat Anshar : “bahwa mereka tidak mencintai kecuali orang yang beriman dan mereka tidak membenci kecuali orang munafik. Siapa saja yang mencintai mereka, maka Allah mencintainya, dan siapa saja membenci mereka, maka Allah membencinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
7. Dari Mu’adz ra., ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Siapa saja yang saling mencintai karena keagungan-Ku, mereka akan mendapatkan beberapa mimbar terbuat dari cahaya yang diinginkan oleh para Nabi dan orang-orang yang mati syahid. (HR. Tirmidzi)
8. Dari bu Idris Al-Khaulaniy, ia berkata : “Saya masuk masjid Damsyik. Di sana ada seorang pemuda yang giginya mengkilat. Orang-orang senantiasa mengerumuninya. Apabila mereka berbeda pendapat, mereka menyerahkan dan minta pertimbangan kepadanya, maka saya menanyakan tentang pemuda itu, dan dijawab bahwa pemuda itu adalah Mu’adz bi Jabal ra.
9. Pada esok harinya saya pagi-pagi datang ke masjid tetapi pemuda itu lebih pagi dari pada saya dan saya dapatkan ia sedang shalat. Saya menunggunya sampai selesai, dan mendatanginya dari arah depan. Saya ucapkan salam dan berkata kepadanya : “Demi Allah saya mencintai kamu karena Allah.” Dia bertanya : “Apakah benar, karena Allah?” Saya menjawab : “Ya, karena Allah.” Dia bertanya “Apakah benar karena Allah?” saya menjawab ”Ya, karena Allah.” Kemudian ia menarik ujung selendangku untuk mendekatkanku kepadanya dan dia berkata : “Sambutlah berita gembira ini, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Allah Yang Maha Pemberkah lagi Maha Luhur Berfirman : “Kecintaan-Ku tercurah untuk mereka yang saling mencintai karena Aku, mereka yang berteman karena Aku, mereka yang saling mengunjungi karena Aku dan mereka yang saling membantu karena Aku,” (HR. Malik)
10. Dari Abu Karimah Al-Miqdad bin Ma’dikariba ra., dari Nabi SAW, beliau bersabda : “Apabila seseorang mencintai saudaranya, beritahukanlah kepadanya bahwa ia mencintainya,” (HR. Abu daud)
11. Dari Mu’adz ra. Ia berkata : Rasulullah SAW memegang tangannya seraya berkata : “Hai Mu’adz, janganlah sekali-kali kamu lupakan setiap selesai salat untuk membaca : “ALLAHUMMA A’INNII ‘ALAA DZIKRIKA WA-SYUKRIKA WAHUSNI IBAADATIK (Ya Allah, berilah saya pertolongan untuk selalu ingat kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu dan menyempurnakannya).” (HR Abu daud dan Nasa’i)
12. Dari Anas ra., ia berkata : Ada seorang laki-laki duduk di hadapan Nabi SAW kemudian ada seseorang yang lewat di situ, lalu orang yang duduk di hadapan Nabi berkata : “Ya Rasulullah, sesungguhnya saya mencintai orang itu,” Nabi SAW bertanya : “apakah kamu sudah memberitahukan kepadanya?” Dia menjawab : “Belum.” Beliau bersabda : “Beritahukanlah kepadanya. “Kemudian dia menemui orang itu dan berkata : “Sesungguhnya saya mencintaimu karena Allah.” Orang itu menjawab : “Semoga kamu dicintai oleh Zat yang menjadikanmu mencintaiku karena-Nya.” (HR. Abu Daud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar